Sabtu, 03 Maret 2012

Membuat Mail Server berbasis Debian Lenny

Membuat mail server ? wew judul yang terlihat sulit tapi tenang saya punya catatan untuk membuat mail server kurang dari 5 menit ! mau tahu caranya ?
eitts tunggu dulu setiap praktek ada teorinya berikut pemahaman seorang newbie seperti saya tentang mail server
1. mail server adalah mesin yang mengatur proses penerimaan dan pengiriman email berupa file gambar , audio dan file lainnya.
2. paket yang digunakan dalam pembuatan mail server kali ini adalah paket true unlimitied loh ?? salah. paket yang digunakan adalah postfix , courier-pop , courier-imap berikut pengertian dari 3 bahasa aneh berikut
a.Postfix adalah kantor pos yang ada di mesin mail server. selayaknya kantor pos tugasnya menyuruh - nyuruh courier untuk mengirim email jadi si postfix ini yang akan mengatur semuanya.
b. Courier-pop adalah courier yang bertugas mengambil email dari mail server dan membaca email tersebut dalam inbox jadi si courier-pop ini adalah pak pos yang mengambil surat dan menaruh surat di inbox.
c. Courier-imap adalah courier yang bertugas mengirim email yang dikirmkan user1 ke user2 dan sebaliknya jika di analogikan si courier-imap ini adalah bis surat yang siap mengantar surat dari user ke kantor pos dan kantor pos ke user.

wah cape bacanya tapi itu baru teori sekarang saatnya praktek ikuti petunjuk dengan seksama dan rasakan mudahnya ber-IT ria dengan catatan IT

1 komentar: